Alzheimer, Penyakit Kepikunan

Iniduniablogku.blogspot.com - Alzheimer kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyakit ini. Apakah anda tau penyakit alzheimer ? Jika belum simak yaa, manakala anda atau sodara anda terkena dari penyakit ini.

Alzhimer adalah penyakit demensia yang umum terjadi pada awalnya ditandai dengan melemahnya daya ingat atau daya pikir, hingga gangguan pada otak dengan sulit melakukan perencanaan, penalaran, pemikiran serta sulit berbahasa.

Alzheimer bukan merupakan penyakit menular, tapi lebih ke sindrom pada otak yang karena apoptosis sel-sel otak yang bersamaan, sehingga bagian otak mengerut dan mengecil.


Baca juga artikel kami yang ini : Penyakit Ambeien

Penderita penyakit alzheimer ini akan terus berkembang secara perlahan-lahan tapi terus memburuk seiring waktu. Contohnya saja suka lupa soal yang dibincangkan atau lupa dengan obyek dan tempat padahal baru di lewati atau pernah kesana, perubahan perilaku seperti :
  • Perilaku menjadi lebih agresif.
  • Penuntut.
  • Mudah mencurigai orang lain.
  • Jika sudah kronis, penderita mengalami halusinasi, sulit berbicara dan berbahasa, aktivitasnya selalu dibantu orang lain.
5 % orang yang terkena penyakit alzheimer berusia 65-74 tahun dan 50 % orang yang sudah berusia dari 85 tahun.

Lantas apa donk penyebab dari penyakit ini ?

Meski penyebab alzheimer ini belum pasti, tetapi para ahli kesehatan percaya bahwa alzheimer di akibatkan dari penumpukan protein beta-amyloid di otak yang menyebabkan kematian sel-sel saraf pada otak.

Inilah faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit alzheimer:
  1. Faktor genetik atau keturunan
    Faktor genetik merupakan penyebab utamanya semisalnya anda punya riwayat dari bapak, ibu kakek, nenek dll yang mengidap penyakit ini maka ada kemungkinan akan menurun pada anda.
  2. Faktor usia
    Faktor usia juga sangat dominan untuk penyakit ini, orang dewasa uang sudah berumur 65 tahun akan lebih beresiko terkena penyakit ini.
  3. Jenis kelamin
    Wanita akan lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan dengan pria.
Gejala yang muncul ketika mengidap penyakit ini.
  • Mengalami hilang ingatan.
    Penderita alzheimer akan mudah lupa dengan peristiwa yang belum lama terjadi semisalnya jatuh dari kursi lalu kita tanya dia menjawab tidak jatuh itulah mudah kehilangan ingatannya. Penderita juga akan kurang berkonsentrasi serta mengalami penurunan pola pikir. Yang lebih parah akan tidak ingat kerabat atau keluarganya.
  • Penderita akan luba dengan aktivitas yang baru dilakukan.
    Biasanya orang yang terkena penyakit ini akan lebih mudah melupakan aktivitasnya.
  • Bingung
    Penderita alzheimer suka lupa pulang meski berada di daerahnya.
  • Gangguan Berbicara
    Penderita alzheimer mengalami sulit berbicara seperti mengucapkan benda-benda yang ada di sekitar, tempat serta nama seseorang.

Penting sekali anda melakukan pencegahanya supaya dapat mengurangi faktor terkena penyakit alzheimer ini. simak di bawah ini ada tips untuk anda. 

Tips pencegahan penyakit alzheimer

Karena penyebab dari penyaki alzheimer belum pastinya, maka sulit untuk mencegah penyakit ini. Tapi, ada tips atau beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk mempertahankan kesehatan otak, di antaranya :
  1. Mengonsumsi makanan sehat dan berserat.
  2. Olahraga yang teratur. 
  3. Tidak merokok.
  4. Tidak konsumsi alkohol
  5. Sering cek up ke dokter seiring bertambahnya usia.
Itulah artikel kami yang tidaklah sempurna tetapi akan sangat membantu anda dalam menambah informasi kesehatan.

Salam sehat selalu.

Post : Penyakit alzheimer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alzheimer, Penyakit Kepikunan"

Post a Comment